TUGAS JURNAL METODE RISET (METODOLOGI)

BAB II

METODOLOGI

Objek Penelitian

Objek dalam penulisan ini yaitu Pasien yang melakukan persalinan di Rumah Sakit Bersalin Budhi Jaya yang beralamat di Jalan Dr.Saharjo No:120 Jakarta Selatan.

Data dan Variabel Penelitian:

Sajian data atau variabel yang akan digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner yang berisi 20 pertanyaan yang terdiri dari lima atribut yaitu keandalan, daya tanggap, kepastian, empati, dan berwujud. Dengan mengambil sample sebanyak 50 responden.

Metode Pengumpulan Data

Untuk mengumpulkan data, penulis berusaha mendapatkan data yang sesuai dengan masalah yang akan diambil. Adapun yang menjadi sumber datanya adalah:

1)    Data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari rumah sakit.

2)    Data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari buku-buku yang bersangkutan dengan keperluan penelitian dan juga menggunakan media elektronik seperti internet untuk melengkapi masalah yang akan diungkapkan dalam penulisan.

Sedangkan untuk teknik pengumpulan data yang akan digunakan oleh penulis adalah:

1)    Metode lapangan, yaitu penelitian secara langsung ke lapangan untuk mendapatkan data dengan cara wawancara, observasi langsung dan pembagian angket kepada pengunjung rumah sakit yang datang.

2)    Metode pustaka, yaitu dengan mencari gambaran secara teoritis dengan cara membaca buku ilmiah serta buku lainnya yang berhubungan dengan topic permasalahan.

Hipotesis

Dengan berusaha untuk meningkatkan pengunjung yang datang, maka pihak perusahaan yang bergerak dibidang jasa harus dapat memperbaiki pelayanan yang diberikan. Pelayanan sumber daya manusia dalam perusahaan merupakan salah satu fungsi yang selalu ada dalam perusahaan jasa, karena merupakan salah satu cara untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit, yaitu dengan ilmu pengetahuan dan ketrampilan bagi karyawan dengan upaya meningkatkan pelayanan terhadap pengunjung.

Metode Penelitian (Alat Analisis yang Digunakan)

1)    Skala Pengukuran

Di dalam penulisan ini penulis mengggunakan skala Likert, yaitu jenis skala yang digunakan untuk mengukur variabel penelitian sikap, pendapat, dan persepsi sosial seseorang/kelompok. Dalam hal ini digunakan 5 tingkat yang terdiri dari Sangat Puas, Puas, Cukup Puas, Kurang Puas, Tidak Puas.

2)    Metode Analisis Data

Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis data penelitian ini adalah dengan menggunakan Chi Square. Chi Square adalah alat analisis untuk melihat variabel jenis pelayanan mempengaruhi kepuasan konsumen, dengan rumus sebagai berikut:

Untuk mencari Fe, digunakan rumus:

Dengan menggunakan tingkat signifikan a = 10% (0,1) dan dengan hipotesis penelitian sebagai berikut:

H0: Pasien pada RSB Budhi Jaya tidak merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit.

H1: Pasien pada RSB Budhi Jaya merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit.

Pengambilan Keputusan:

Syarat dalam pengambilan keputusan adalah

Jika Chi Square hitung .> Chi Square table maka H0 ditolak.

Jika Chi Square hitung .< Chi Square table maka H0 diterima.

Tinggalkan komentar