TUGAS JURNAL METODE RISET (PENDAHULUAN)

Tema : Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen

Judul : “Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen (Pasien) Terhadap Pelayanan Bagian Unit Bersalin di  Rumah Sakit Bersalin Budhi Jaya”.

 

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Pemerintah dewasa ini sedang dituntut melaksanakan pembangunan dan dituntut pula untuk melakukan perubahan di segala bidang. Salah satunya adalah tuntutan kepada masyarakat dan membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan sebaik-baiknya.

Dalam era globalisasi saat ini, Indonesia ditantang untuk terus membangun dalam segala bidang demi tercapainya masyarakat yang adil dan makmur. Hal ini sesuai dengan tujuan dari pembangunan nasional yang hakekatnya adalah pembangunan nasional yang seutuhnya berikut masyarakatnya seutuhnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan sumber daya manusia yang sehat jasmani dan rohani. Maka pemerintah telah berupaya meningkatkan kesehatan melalui penyediaan sarana kesehatan, salah satunya adalah Rumah Sakit.

Perkembangan Rumah Sakit sekarang ini mengalami transformasi besar. Pada perkembangannya Rumah Sakit didirikan umumnya untuk kebutuhan menyehatkan masyarakat dan diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat luas dari semua kalangan dengan sebaik-baiknya.

Rumah Sakit adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa, dimana dalam menjalankan kegiatannya diperlukan tenaga kerja cukup banyak yang menguasai teknologi, alat-alat medis, pelayanan fasilitas dan sarana yang memadai, penyediaan makanan, peralatan serta sistem manajemen admistrasi yang terkoordinasi dengan baik, karena pelayanan dengan mutu atau kualitas yang terbaik akan dipilih oleh para konsumen, apalagi sebagai perusahaan perusahaan yang bergerak dibidang jasa tentunya peningkatan pelayanan merupakan hal yang sangat penting yang harus diperhatikan.

Semakin banyaknya ibu hamil yang memerlukan jasa persalinan , rumah sakit diharapkan dapat bersaing bagaimana caranya untuk dapat menarik konsumen, khususnya pasien. Dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengunjung rumah sakit, diharapkan dapat memberikan kepuasan dan jaminan untuk menggunakan pelayanan tersebut kembali pada saat diperlukan lagi, sehingga dapat membiayai dana operasional rumah sakit yang bersangkutan.

Di dalam penulisan ini penulis tertarik untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien, terutama kepada ibu-ibu hamil terhadap jasa pelayanan yang telah diberikan oleh pihak RSB Budhi Jaya.

Rumusan dan Batasan Masalah

Masalah yang akan dibahas dalam penulisan ini adalah:

1)    Bagaimana tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan pihak RSB. Budhi Jaya?

2)    Faktor apa saja yang berpengaruh dalam tingkat kepuasan konsumen (pasien) terhadap pelayanan yang diberikan?

Sehubungan dengan hal tersebut, maka dalam penulisan ini penulis akan membatasi permasalahan pada tingkat kepuasan pasien Bagian Unit Bersalin terhadap pelayanan yang diberikan pihak RSB. Budhi Jaya.

Tujuan Penelitian:

Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penulisan ini adalah:

1)    Untuk mengetahui apakah konsumen atau pasien merasa puas terhadap kinerja pelayanan yang telah diberikan oleh pihak Rumah Sakit.

2)    Untuk mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh dalam menentukan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit.

Kerangka Pemikiran

Mendapatkan suatu kepercayaan dari konsumen adalah hal yang terpenting di dalam sebuah perusahaan, apalagi bila perusahaan tersebut bergerak dalam bidang jasa. Kepercayaan konsumen tersebut tentunya dapat diperoleh melalui pelayanan dengan sebaik-baiknya yang diberikan oleh konsumen. Dengan memberikan pelayanan terbaik, diharapkan dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen, sehingga konsumen akan menggunakan jasa dari perusahaan tersebut sewaktu konsumen sedang membutuhkannya.

H0 : Pasien pada RSB. Budhi Jaya Bagian Unit Bersalin tidak merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit.

Ha : Pasien pada RSB. Budhi Jaya Bagian Unit Bersalin merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s