Sumber Informasi Pasar di Kanada-Perancis

Formasi pasar dapat datang dari berbagai sumber termasuk teman, anggota keluarga, dan melalui media massa. Dari mana orang Kanada-Perancis mendapatkan informasi mereka? Sebuah studi mengenai pembelian mobil memperlihatkan bahwa, bertentangan dengan dugaan orang Kanada-Inggris menggunakan sumber pribadi hingga jangkauan yang lebih luas daripada orang Kanada-Perancis. Temuan lain yang menarik memperlihatkan bahwa:

  • Orang Kanada-Perancis mempertimbangkan lebih sedikit mobil dibandingkan orang Kanada-Inggris;
  • Orang Kanada-Perancis mencurahkan lebih sedikit waktu untuk mencari;
  • Orang Kanada-Inggris membuat tiga kali test drive lebih banyak dibandingkan orang Kanada-Perancis;
  • Secara keseluruhan, orang Kanada-Inggris umumnya tampak menjalankan pencarian informasi yang lebih ekstensif dibandingkan orang Kanada-Perancis, setidaknya sehubungan dengan pembelian mobil baru.

Orang Kanada-Perancis secara tradisional memperlihatkan afinitas untuk preferensi media massa yang sangat berbeda dengan rekan mereka yang orang Inggris. Sebagai akibatnya, citra merek, sikap merek, sifat produk, dan strategi penemptan secara umum mungkin tidak mencapai pola respons serupa diantara kedua kelompok. Bahasa mempengaruhi pilihan media dan jenis informasi pemasaran yang terkandung di dalamnya memberikan dampak kuantitas dan kualitas informasi yang diterima. Sebagai contoh, Quebec tertinggal di belakang semua propinsi lain dan Amerika Serikat dalam produksi surat kabar per kapita. Surat kabar harian bukan bahan bacaan standart untuk orang Kanada-Perancis sebagaimana demikian halnya untuk orang Kanada selebihnya. Menonton TV juga paling berat dikalangan orang Kanada-Perancis, terberat didunia menurut sebuah sumber. Mendengarkan radio juga paling berat di Kanada dengan kebiasaan mendengarkan dan menonton televisi memperlihatkan kontras yang mencolok diantara Montreal dan Quebec City. Sebagai contoh, atau antara orang Kanada-Perancis yang bekerja versus penonton dan pendengar yang tidak bekerja, atau antara eksekutif perusahaan yang tinggal di Quebec City dan Montreal. Tidak ada keraguan bahwa pembelian media di Quebec adalah proses keputusan yang kompleks.

Sumber: Robert D.Tamilia, “The Duality of Canadian Culture: Toward an Understanding of the Quebec and French Canadian Market,” Working Paper No.01-88 (Montreal: University of Quebec, Departement of Administration Sciences, 1988),59-60.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s