Pola Belanja Untuk Busana Menurut Tahap Kehidupan dan Pendapatan

Busana Kasual dan Resmi Pria

Analisis mengenai pola belanja untuk busana pria disajikan untuk busana kasual maupun resmi dan untuk pola belanja pria maupun wanita untuk kategori tersebut.

Analisis perilaku belanja untuk busana kasual pria menujukan bahwa jenis toko yang disukai dipengaruhi secara kuat oleh pendapatan rumah tangga:

  • Pangsa Pasar Bawah cenderung lebih menyukai toko yang memberi potongan harga dan toko berangkai nasional serta mengidentifikasi nilai yang baik, seleksi yang luas, dan harga yang rendah sebagai alasan untuk memilih jenis toko yang disukai.
  • Pangsa Pasar Menengah lebih mungkin menyebutkan toko serba ada dan toko berangkai nasional sebagai jenis toko yang dipilih. Pansgsa ini juga mengidentifikasi nilai yang baik, harga yang rendah, dan seleksi yang luas sebagai alasan penting untuk pilihan toko mereka.
  • Pangsa Pasar Atas jauh lebih mungkin menyebutkan toko serba ada dan toko khusus sebagai jenis toko yang dipilih. Pangsa Pasar Atas mengidentifikasi nilai yang baik, seleksi yang luas, dan kualitas sebagai alasan penting untuk berbelanja di toko yang mereka pilih.

Pola belanja wanita untuk busana kasual pria memiliki preferensi belanja yang sama, tetapi memperlihatkan perbedaan yang kurang intens dalam preferensi belanja untuk berbagai jenis toko. Pola belanja wanita untuk kategori tersebut juga lebih mungkin menyebutkan penjualan yang baik sebagai alasan penting yang mempengaruhi pilihan toko mereka.

Perilaku belanja pria untuk busana resmi pria bervariasi luas menurut pangsa tahap kehidupan dan pendapatan rumah tangga. Umumnya:

  • Pangsa Pasar Atas dan Single Muda menunjukan preferensi untuk toko serba ada dan toko khuhsus serta mengidentifikasi nilai yang baik, kualitas yang tinggi, dan seleksi yang luas sebagai alasan penting untuk berbelanja di jenis toko yang dipilih.
  • Pangsa Pasar Bawah dan Menengah yang selebihnya untuk kelompok tahap kehidupan lain lebih mungkin mengidentifikasi toko berangkai nasional, dan khususnya diantara pangsa Pasar Bawah, toko yang memberi potongan harga sebagai jenis toko yang paling sering dikunjungi untuk berbelanja. Pangsa-pangsa ini menyebutkan nilai yang baik, seleksi yang luas, dan harga yang rendah sebagai alasan pokok untuk menyeleksi jenis toko yang mereka pilih.

Perilaku belanja wanita untuk perlengkapan busana resmi pria agak berbeda daripada perilaku belanja pria untuk kategori tersebut:

  • Wanita yang berbelanja perlengkapan busana resmi pria di pangsa Pasar Atas menunjukkan preferensi umtuk toko serba ada dan menyebutkan nilai yang baik, seleksi yang luas, dan kualitas sebagai alasan untuk preferensi toko mereka.
  • Toko berangkai nasional memiliki pelanggan toko yang kuat dintara wanita yang berbelanja busana resmi pria diantara pangsa Pasar Bawah dan pangsa Orangtua Muda Pasar Menengah dan pangsa Rumah Tangga Separuh Baya Pasar Menengah. Pangsa-pangsa ini lebih munkin menyebutkan harga yang murah dan penjualan yang baik, selain nilai yang baik dan seleksi yang luas, sebagai alasan penting yang mempengaruhi kunjungan mereka ke toko langganan.

Busana Kasual dan Resmi Wanita

Perilaku belanja untuk busana wanita dianalisis baik untuk busana kasual maupun resmi. Untuk busana kasual wanita:

  • Toko serba adalah jenis toko yang dipilih untuk semua pangsa Pasar Atas dan Single Muda.
  • Toko yang memberi potongan harga memiliki pelanggan toko yang kuat diantara Pasar Bawah Pasangan Muda, Orangtua Muda, dan Keluarga Separuh Baya.
  • Pangsa yang selebihnya menunjukkan tingkat yang sama dari preferensi toko untuk toko berangkai nasional, toko yang memberi potongn harga, dan toko serba ada.
  • Pada umumnya, tempat jual dengan potongan harga memiliki tingkat preferensi toko yamg agak lebih tinggi untuk busana kasual wanita dibandingkan untuk kategori barang dagangan lain. Preferensi ini agak lebih kuat di antara pangsa Pasar Atas pada tahap kehidupan yang lebih muda.

Nilai yang baik dan seleksi yang luas adalah alasan pokok untuk preferensi toko diantara kebanyakan pangsa. Selain itu, penjualan yang baik dan harga yang murah adalah faktor penting di antara pangsa Pasar Bawah dan Pasar Menengah, sementara kualitas yang tinggi muncul di dalam pangsa Pasar Atas sebagai alasan penting yang mempengaruhi preferensi toko.

Untuk busana resmi Wanita:

  • Toko serba ada domonan sebagai toko yang dipilih untuk semua pangsa Pasar Atas dan untuk Single Muda. Mereka juga memimpin sebagai jenis toko yang dipilih di antara Pasar Menengah Keluarga Separuh Baya, Pasangan Muda, dan Rumah Tangga yang Lebih Tua. Pangsa ini menyebutkan nilai yang baik, seleksi yang luas, dan kualitas yang yang tinggi sebagai alasan pokok untuk preferensi toko.
  • Toko berangkai nasional memimpin sebagai jenis toko yang dipilih di semua pangsa yang tersisa. Pangsa-pangsa ini cenderung memnyebutkan harga yang murah selain nilai yang baik dan seleksi yang luas sebagai faktor yang mempengaruhi jenis toko yang mereka pilih.

Sumber: Mandy Putnam, Sharyn Brooks, dan William R.Davidson, “The Expanded Management Horizons Consumer Market Matrix” (Columbus, Ohio: Management Horizons, a Division of Price Waterhouse, 1986), Executive Summary. Digunakan dengan izin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s