Ketergantungan Keputusan Penetapan Harga Pada Persepsi Mengenai Pengetahuan Konsumen Tentang Harga

Di dalam sebuah studi lapangan yang menarik, harga bahan makanan eceran yang komparatif diterbitkan di dalam edisi Minggu dari surat kabar lokal di empat kota selama tiga bulan. Harga sekeranjang barang kemudian dilacak sepanjang waktu. Dibandingkan dengan seperangkat kota kontrol yang dicocokan, harga didalam pasar percobaan merosot ketika informasi harga diterbitkan, tetapi naik sesudah penerbitan dihentikan.

Yang sangat membangkitkan minat sehubungan dengan hasil ini adalah bahwa penerbitan harga yang komparatif tampaknya memiliki efek kecil pada konsumen. Kurang dari seperempat dari mereka melaporkan melihat dan menggunakan informasi yang diterbitkan sewaktu berbelanja. Selain itu, persentase konsumen yang berkunjung ke toko yang memasang harga murah hampir tidak terpengaruh oleh informasi itu. Tampaknya penjual bahan makanan percaya bahwa penerbitan harga komparatif akan meningkatkan pengetahuan konsumen mengenai harga, dan kepercayaan ini saja cukup untuk mendorong mereka menurunkan harga.

Sumber: Robert D.Boynton, Brian F.Blake, dan Joe N.Uhl, “Retail Price Reporting Effects in Local Food Markets,” American Journal of Agricultural Economics 65 (February 1983),20-29.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s