PERILAKU KONSUMEN PASAR YANG KAYA

Karena kemakmuran meningkat, banyak rumah tangga, khususnya dengan dua pencari nafkah, akan menempatkan premium atas waktu. Pelayanan pelanggan yang meningkat, ketersediaan yang segera, pengoperasian produk yang bebas dari kesulitan, dan perawatan serta servis perbaikkan yang dapat diandalkan akan dihargai. Akan ada kesediaan baru untuk membayar harga untuk jasa yang menjamin unjuk kerja produk dan membatasi ketidaknyamanan.

Secara umum proyeksi pendapatan ini mengesankan bahwa pemasar harus meningkatkan fokus mereka dan berkonsentrasi pada kualitas yang lebih tinggi, barang dan jasa yang diberi harga lebih tinggi. Barang dan jasa yang diminta akan mencakupi:

  • Produk yang memudahkan pekerjaan sulit yang membosankan dan pemeliharaan rumah tangga, mengotomatisasi tugas rumah tangga, menghemat waktu, mendemonstrasikan kualitas, keterandalan, daya tahan, dan kemewahan.
  • Perumahan yang lebih baik, termasuk rumah keluarga single dan kondominium, yang akan menarik bagi rumah tangga suami-istri menjelang pensiun dan usia menengah yang lebih kaya. Termasuk disini adalah perabot berkualitas, perlengkapan tetap, peralatan, dan pelayanan rumah tangga.
  • Produk dan jasa yang dirancang untuk meningkatkan diri fisik, khususnya yang dirasa memelihara dan memulihkan kemudaan: kosmetika, produk perawatan kulit, pemandian air mineral panas, penata rambut, konsultan busana, fasilitas olah raga, dan program diet serta kesehatan.
  • Produk dan jasa yang menyokong diri psikologis: konseling, pendidikan, analisis keterampilan, pelatihan manajemen stress, kegiatan budaya, dan buku serta kursus peningkatan diri.
  • Produk yang menyokong mobilitas dan pemuasan segera: foto langsung jadi, restoran yang buka sepanjang malam, telepon dan komputer portabel, pusat kesehatan gawat darurat, servis produk diseluruh dunia, tempat penyewaan, pusat hiburan rumah, automated teller, dan kredit seketika.
  • Produk dan jasa yang akan mengamankan dan melindungi individu dan barang milik: alat pengindera, sistem perlindungan rumah, satpam, kawasan pemukiman yang dilindungi, pelbagai jenis asuransi, perlindungan dari kebakaran dan perampokan, rencana jaminan keungan, pemurni udara dan air, dan produk sanitasi.
  • Aktivitas hiburan dan waktu senggang, termasuk jasa yang bervariasi seperti olahraga partisipatif dan tontonan, perjalanan, dan perjudian.
  • Produk yang memungkinkan kita membedakan diri dan yang menarik bagi sikap angkuh di dalam diri kita semua: produk yang berhubungan dengan selera, pengasuhan, gaya hidup yang anggun, budaya, dan apa yang disebut”pasar pikiran”. Termasuk disini adalah makanan berselera tinggi, anggur, produk dan jasa dekorator dan desainer, lukisan, ukiran, dan seni pentas seperti balet, opera, konser symphony, dan drama.

Sumber: William Lazer, “How Rising Affluence Will Reshape Markets,” American Demographics 6 (Februari 1984).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s