MERAMALKAN PERILAKU KONSUMEN DENGAN SIKAP: OLD CROW DAN JIM BEAM

Survai mengenai sikap kerap memberikan ramlan yang akurat mengenai perilaku pembelian masa datang. Bertahun-tahun yang lalu, sebuah study dilakukan mengenai sikap konsumen terhadap pelbagai merk bourbon. Pada waktu itu . Old Crow adalah pemimpin pasar, sementara Jim Beam adalah merk yang relative minor.

Namun, study mengenai sikap tersebut mengemukakan bahwa keadaan ini tidak mungkin berlanjut. Konsisten dengan namanya, Old Crow dipandang “old” (tua), suatu citra yang kurang menarik bagi konsumen muda. Konsumen muda sebaliknya, memiliki citra yang jauh lebih mendukung Jim Beam. Studi tersebut juga mengemukakan bahwa minuman berakhohol yang lebih ringan seperti vodka dan rum mungkin mengalahkan penjualan bourbon.

Sekitar lima belas tahun kemudian, ramalan ini terwujud. Old Crow menjadi semakin kabur, sementara Jim Beam menjadi merk bourbon yang terkemuka. Keseluruhan kategori bourbon juga menyusut karena minuman beralkohol yang lebih ringan.

Sumber: “Attitude Share of Market, Predicts BetterThan Behavioral Measures”, Marketing News (16 Mei, 1980),7.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s