Persepsi Konsumen Pada Layanan Mobile

REVIEW JURNAL

Pengaruh Persepsi Konsumen terhadap Layanan Mobile”

Judul Penelitian:

Layanan mobile komersial: Evaluasi Persepsi Pelanggan Terhadap Strategi Pemasaran di Malaysia. (Mobile Commerce: An Evaluate Customer Perception for Marketing Strategy in Malaysia).

Pengarang/Tahun:

Ahasanul Haque dan Noor Raihan, 2003.

Latar Belakang:

  • Era globalisasi dan kemajuan teknologi yang relatif cepat akan mempengaruhi persaingan perusahaan dalam menarik konsumen.
  • Pertumbuhan dan keberhasilan teknologi internet membuka cakrawala baru dalam perkembangan teknologi informasi dan strategi pemasaran.
  • Perkembangan teknologi diharapkan dapat meningkatkan strategi pemasaran sehingga dapat menghasilkan keuntungan bagi dunia bisnis.

  • Penggunaan layanan mobile akan membuka kesempatan bagi perdagangan, layanan pembayaran, layanan informasi, serta dunia hiburan.

  • Saat ini pertumbuhan perdagangan via mobile relatif cepat, sehingga sangat penting bagi perusahaan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kepuasan hati para konsumen.

  • Layanan yang diberikan kepada konsumen akan mempengaruhi persepsi terhadap kepuasan para konsumen, sehingga perusahaan sebaiknya memperhatikan persepsi konsumen, karena konsumen yang memutuskan pilihannya terhadap produk yang akan dipilihnya.

Rumusan Masalah:

Bagaimana persepsi konsumen atas pilihannya terhadap pemakaian layanan mobile, serta seberapa besar fungsi dari perdagangan via mobile.

Batasan Masalah:

Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pada tingkat kepuasan atas persepsi yang diberikan konsumen terhadap penggunaan layanan mobile, serta sejauh mana layanan mobile komersial berpengaruh terhadap dunia bisnis sebagai salah satu strategi pemasaran.

Tujuan Penelitian:

  • Untuk mengetahui tingkat persepsi konsumen terhadap perdagangan via mobile.
  • Untuk mengetahui sejauh mana jangkauan perdangan via mobile sebagai salah satu strategi pemasaran.

Metodologi Penelitian:

Objek penelitian ini adalah konsumen pria dan konsumen wanita dengan menyebarkan kuesioner yang diberikan kepada 250 responden yang didasarkan oleh profil konsumen, hubungan penggunaan layanan mobile, dan pendapat pelanggan dalam menggunakan layanan mobile mobile dalam dunia perdagangan. Kuesioner ini disebarkan secara langsung oleh industri Jawa Pos. Penelitian ini menggunakan skala nominal dan skala likert yang dipergunakan untuk mengukur hasil keseluruhan kuesioner.

Hasil dan Kesimpulan:

Dari hasil penelitian menunjukkan adanya arti perbedaan persepsi antara konsumen pria dengan konsumen wanita terhadap pemakaian layanan mobile komersial dalam industri pedagangan, yaitu sebanyak 56,3% konsumen pria lebih aktif menggunakan layanan ini dan sisanya konsumen wanita sebanyak 43,7%. Persepsi tersebut di dukung oleh 10 dimensi yaitu informasi yang berguna, informasi yang mudah di dapat, mudah untuk digunakan, banyak pilihan, hemat waktu, terdapat media hiburan, dapat digunakan setiap waktu, layanan tagihan berharga, keterbatasan layar, serta keamanan dan kepercayaan. Selain itu, dari hasil penelitian terdapat pengaruh negatif terhadap penggunaan perdagangan via mobile. Sangat penting bagi kalangan pengusaha untuk sepenuhnya mengerti elemen terpenting yaitu keamanan dan kepercayaan konsumen. Elemen tersebut mungkin dapat dijadikan kelemahan dalam penggunaan layanan via mobile, sehingga dapat membuat konsumen merasa tidak puas terhadap jasa layanan ini dan akan berdampak buruk bagi perkembangan perusahaan.

Saran:

Sangat penting bagi kalangan pengusaha untuk sepenuhnya mengerti elemen terpenting dari penggunaan via mobile dalam dunia perdagangan, salah satunya adalah keamanan dan kepercayaan para konsumen itu sendiri. Keamanan dan kepercayaan menjadi salah satu factor utama yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk berbelanja menggunakan layanan mobile.. Oleh sebab itu ada sedikit faktor yang seharusnya dipertimbangkan oleh perusahaan dalam membangun rencana pemasaran mereka untuk perdagangan melalui mobile komersil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s