REVIEW JURNAL 3

 

REVIEW JURNAL

Analisis Pengaruh Kualitas Terhadap Citra Perusahaan

Judul Jurnal:

Pengaruh Kualitas Teknik, Pengaruh Fungsional, Aktivitas Pemasaran Tradisional Terhadap Citra Perusahaan PT. Telkom Kantor Daerah Tasikmalaya.

Pengarang:

Kartawan, Toto Sugiharto, Sumarna.

Sumber Jurnal:

Jurnal Ekonomi dan Bisnis No.2, Jilid 8, Tahun 2003.

Latar Belakang:

  • Mengglobalnya dunia ditandai dengan semakin tingginya mobilitas barang dan juga orang dari suatu tempat ke tempat lain, yang sekaligus membawa konsekuensi kepada semakin ketatnya persaingan bisnis.
  • Mengglobalnya dunia mendorong semua perusahaan berpikir untuk mencari sulusi bagaimana agar perusahaan tetap bertahan dan memenangkan persaingan.
  • Citra mempunyai kekuatan di luar perusahaan, yang akan menambah nilai bagi produk atau jasa perusahaan.
  • Baik buruknya citra perusahaan dapat diukur melalui pengalaman konsumen dalam menikmati output dari aktivitas perusahaan.

Perumusan Masalah:

  • Citra PT. Telkom Kantor Daerah Telekomunikasi Kandatel Tasikmalaya di hadapan para pelanggannya belum sepenuhnya diketahui.
  • Pengaruh kualitas teknikal, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional terhadap citra PT. Telkom Kantor Daerah Telekomunikasi Tasikmalaya belum secara jelas diketahui.

Tujuan Penelitian:

  • Mengukur dan menganalisis persepsi konsumen tentang citra PT. Telkom Kandatel Tasikmalaya.
  • Mengukur pengaruh dari kualitas teknikal, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional terhadap citra PT. Telkom Kandatel Tasikmalaya.

Metodologi Penelitian:

  • Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Telkom yang berada di wilayah Kodya Tasikmalaya, sebanyak 22.475 pelanggan. Dalam penelitian ini variable yang dikaji adalah kualitas teknik, kualitas fungsional, pemasaran tradisional, dan citra perusahaan.
  • Kualitas teknik berkaitan dengan fasilitas dan penampilan fisik dalam melayani konsumen. Variable ini diukur dengan dimensi: (1)penampilan fisik pegawai, (2)penampilan fisik PT. Telkom Tasikmalaya, (3)peralatan yang digunakan perusahaan, (4)fasilitas fisik perusahaan, (5)kenyamanan dan kebersihan, (6)ketersediaan jaringan baru, (7)pengetahuan teknik dari pegawai.
  • Kualitas Fungsional adalah proses pelayanan berupa interaksi antara PT. Telkom dan pelanggan. Variabel ini diukur dengan dimensi berikut: (1)keramahan petugas, (2)kesopan dan kesabaran petugas, (3)profesionalisme petugas dalam berinteraksi dengan pelanggan, (4)kecepatan petugas dalam memberikan pelayanan, dan (5)kemudahan petugas untuk dihubungi bila konsumen mengalami permasalahan.
  • Pemasaran tradisional merupakan kegiatan berupa promosi dan penetapan tarif. Variabel ini diukur dengan: (1)iklan PT. Telkom di televisi, radio, surat kabar, (2)informasi dari mulut ke mulut, (3)kegiatan social seperti pemberian sumbangan, dan (4)kewajaran tarif abodemen, pasang baru, dan pulsa.
  • Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini telah diuji, yakni uji validitas, dan uji reabilitas. Untuk mengetahui sejauh mana kualitas teknik, kualitas fungsional, dan aktifitas pemasaran terhadap citra perusahaan, data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi dan kolerasi.

Hasil dan Kesimpulan:

  • Berdasarkan jawaban responden terhadap semua pertanyaan yang diajukan, diketahui terdapat seorang responden menyatakan bahwa citra perusahaan sangat baik, 49 responden menyatakan baik, 47 responden menyatakan cukup baik, 3 responden menyatakan buruk, dan tidak ada yang menilai sangat buruk. Kondisi ini menyatakan bahwa citra PT. Telkom Kendatel Tasikmalaya secara keseluruhan sudah baik.
  • Dimensi-dimensi yang terdapat pada variable kualitas teknik, kualitas fungsional, dan aktivitas pemasaran tradisional berkolerasi positif dengan citra perusahaan.
  • Secara serempak, variable kualitas teknik, kualitas fungsional dan pemasaran tradisional berpengaruh nyata terhadap citra perusahaan. Sedangkan secara parsial hanya variable kualitas teknik dan aktivitas pemasaran tradisional yang berpengaruh nyata terhadap pembentukan citra perusahaan. Hal ini mengindikasikan bahwa meskipun secara individu variable kualitas fungsional tidak berpengaruh nyata terhadap pembentukan citra perusahaan, namun ketika dipadukan dengan dua variable lainnya, variable ini memiliki kontribusi dalam meningkatkan citra perusahaan.

Saran dan Usulan Lanjutan:

  • Dalam rangka membangun/meningkatkan citra baik perusahaan, perlu dilakukan upaya-upaya peningkatan beberapa dimensi dari variable kualitas fungsional terutama kecepatan dan ketepatan, komunikasi petugas dan kemudahan untuk dihubungi.
  • Karena pengaruh factor lain terhadap citra perusahaan masih sangat besar (52,1%), kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk mengidentifikasi dan meneliti factor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi citra perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s